PEMAKNAAN AKAN TUBUH DALAM DIALEKTIKA TEOLOGl DAN BUDAYA POPULER DI INDONESIA

  • Natanael Setiadi

Abstract

Tidak dapat disangkal dan terlihat dengan nyata bahwa dewasa ini perhatian akan tubuh berkembang dengan sangat pesat. Operasi plastik, misalnya, dengan cepat menarik banyak perhatian dan mendapat sambutan dari banyak pihak. Tidak hanya itu, perhatian

kepada tubuh terus berkembang, diantaranya: program body building yang ditawarkan di sejumlah fitness centre, maraknya salon kecantikan dan terapi kecantikan serta munculnya tempat-tempat latihan yoga, aeorobik dan tari untuk kesehatan tubuh. Terhadap fenomena ini muncul pertanyaan, ''Apakah seseorang mempermak atau mengolah tubuh semata-mata demi pemenuhan citra ideal tentang wanita cantik atau pria gagah? Atau ada alasan lain misalnya alasan kesehatan di baliknya? Bagaimana menyikapi dan memaknai aneka rupa fenomena seperti itu secara teologis? Beragam pertanyaan tersebut dan fenomena permak tubuh, olah tubuh, pencitraan tubuh ideal dikrititsi dari sisi teologis dalam paper ini. Dengan menggunakan pendekatan korelasi yang diperbarui (revised correlational) yang dikembangkan teolog David Tracy dan Don Browning, tulisan ini menghubungkan dan mencari jawab atas fenomena budaya populer yang marak terjadi belakangan ini.

Author Biography

Natanael Setiadi
Student of The Postgraduate Programme Faculty of Theology Duta Wacana Christian University
Published
2010-10-01
How to Cite
SETIADI, Natanael. PEMAKNAAN AKAN TUBUH DALAM DIALEKTIKA TEOLOGl DAN BUDAYA POPULER DI INDONESIA. Wacana Teologi, [S.l.], v. 2, n. 1, oct. 2010. ISSN 20870655. Available at: <http://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/wacana/article/view/121>. Date accessed: 08 feb. 2023.

Keywords

budaya populer; teologi tubuh