Meninjau Kristologi Kosmik melalui Gagasan Kristo-Kuantum John Polkinghorne dan Interkarnasi Catherine Keller
DOI:
https://doi.org/10.21460/aradha.2025.52.1495Keywords:
inter-carnation, Christo-quantum, ecological crisis, holistic ecology paradigm, cosmic Christology, classical Christology, inter-karnasi, Kristologi kosmik, Kristologi Klasis, Kristo-kuantum, krisis ekologi, paradigma ekologi holistikAbstract
Abstract
This article discusses the discourse of cosmic Christology, especially by utilizing conceptual insights in the world of quantum physics. Departing from the view that the concept of salvation of classical Christology which is only human-centered so that it tends to ignore cosmic-ecological aspects, it has an impact in the context of the current ecological crisis. Therefore, through this research, focusing on John Polkinghorne’s Christo-quantum concept and Catherine Keller’s inter-carnation, both offer the idea of the connection between God and nature through the incarnation of Christ. Polkinghorne connects the quantum world’s insights of wave-particle dualism and quantum entanglement to show the connection between Christ’s dual nature and the activity of the quantum world, while Keller views Christ’s incarnation as a form of cosmic presence that encompasses all elements of nature. The exploration of Polkinghorne’s and Keller’s thoughts, as well as ecological realities using qualitative methods based on literature review. The results show that both the Christo-quantum and inter-carnation concepts pave the way for a more holistic and ecological understanding of Christology, where salvation encompasses inter-entity relations in the universe both at the macro level (visible nature) and the micro level (nature at the quantum level). These two concepts show how all elements of nature are interrelated and play an important role in the manifestation of the Kingdom of God in the world. In the end, this paper aims to offer a holistic ecological paradigm based on cosmic-quantum Christology that emphasizes human ecological responsibility as an integral part of salvation. This paradigm supports an awareness of critical cosmic connectedness to deal with contemporary ecological issues, and shows that damage to nature has an impact on humanity and the relationship with God.
Abstrak
Artikel ini membahas diskursus Kristologi kosmik, khususnya dengan memanfaatkan wawasan konseptual dalam dunia fisika kuantum. Berangkat dari pandangan bahwa konsep keselamatan Kristologi klasik yang hanya berpusat pada manusia sehingga cenderung mengabaikan aspek kosmik-ekologis, justru berdampak dalam konteks krisis ekologis yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, dengan berfokus pada konsep Kristo-kuantum oleh John Polkinghorne dan inter-karnasi dari Catherine Keller, keduanya menawarkan gagasan keterhubungan antara Allah dan alam melalui inkarnasi Kristus. Polkinghorne menghubungkan wawasan dunia kuantum mengenai dualisme gelombang-partikel dan quantum entanglement untuk menunjukkan keterhubungan antara dwinatur Kristus dengan aktivitas dunia kuantum, sementara Keller memandang inkarnasi Kristus sebagai bentuk kehadiran kosmik yang mencakup semua unsur alam. Eksplorasi terhadap pemikiran Polkinghorne dan Keller, serta realita ekologis menggunakan metode kualitatif yang berbasis pada kajian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik konsep Kristo-kuantum maupun inter-karnasi membuka jalan untuk pemahaman Kristologi yang lebih holistik dan ekologis, di mana keselamatan meliputi relasi antar-entitas di alam semesta baik pada tataran makro (alam yang kelihatan) maupun tataran mikro (alam pada tataran kuantum). Kedua konsep ini menunjukkan bagaimana semua unsur alam saling terkait dan memainkan peran penting dalam manifestasi Kerajaan Allah di dunia. Pada akhirnya, tulisan ini hendak menawarkan paradigma ekologi holistik berbasis Kristologi kosmik-kuantum yang menekankan tanggung jawab ekologis manusia sebagai bagian integral dari keselamatan. Paradigma ini mendukung kesadaran akan keterhubungan kosmik yang kritis untuk menghadapi isu ekologis kontemporer, dan menunjukkan bahwa kerusakan terhadap alam berdampak pada kemanusiaan dan relasi dengan Allah.