Laporan Pengamatan dan Praktik Pendidikan Kristiani Kategorial Usia GKJ Karangbendo

Authors

  • Clara Dwi Kalyana Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta

Keywords:

Christian Education, GKJ Karangbendo, Age Category, Pendidikan Kristiani, Kategori usia

Abstract

ABSTRAK
Pendidikan Kristiani merupakan bagian penting bagi suatu persekutuan atau kehidupan bergereja untuk dapat mendidik serta terdidik dengan memuat nilai-nilai kekristenan yang dihidupi sehingga dapat menjadi dasar kokoh akan pertumbuhan iman. Pendidikan Kristiani tidak hanya diberikan bagi mereka yang masih berusia dini, namun bagi mereka yang telah dewasa sekalipun juga membutuhkan pendidikan Kristiani. Untuk itulah dibutuhkan Pendidikan Kristiani Kategorial Usia, tulisan ini akan membahas tentang implementasi Pendidikan Kristiani Kategorial Usia di GKJ Karangbendo, serta menyajikan refleksi yang menarik berdasarkan hasil pengamatan dan praktik pendidikan yang telah dilaksanakan di sana. Refleksi yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi bentuk apresiasi sekaligus evaluasi kritis dari penulis, yang dilandaskan pada beberapa pandangan para ahli seperti Ruth Kadarmanto dan Thomas Groome. Selain Pendidikan Kristiani Kategorial Usia, tulisan ini juga akan sedikit mengulas pentingnya Pendidikan Kristiani Intergenerasional yang dapat menjadi warna berbeda dalam mendukung terjadinya Pendidikan Kristiani dalam kehidupan bergereja.

ABSTRACT
Christian education is an important part of a fellowship or church life to be able to educate and be educated by containing Christian values that are lived so that they can become a solid foundation for faith growth. Christian education is not only given to those who are still at an early age, but even those who have grown up also need Christian education. This paper will discuss the implementation of Age Categorical Christian Education at GKJ Karangbendo, and present interesting reflections based on observations and educational practices that have been implemented there. The resulting reflection is expected to be a form of appreciation as well as a critical evaluation from the author, which is based on several views of experts such as Ruth Kadarmanto and Thomas Groome. In addition to Age Categorical Christian Education, this paper will also briefly review the importance of Intergenerational Christian Education which can be a different color in supporting Christian Education in church life.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-25